Rabu, 14 Oktober 2009

KASIH YANG TERBAGI

Sebenarnya aku dah lama banget kenal dia, mulai kelas I SMP tepatnya. Namun aku belum kenal dekat, wajahnya pun masih samar-samar, aku juga ‘gak pernah bertegur sapa dengan dia. Aku mulai kenal betul dengan wajahnya ketika aku melewatinya dan entah kenapa aku selalu memperhatikannya sampai dia benar-benar hilang dari pandanganku. “Ternyata dia orang sini.” gumamku. Sejak saat itu entah kenapa aku sering ngeliat dia di depan kelas, di barisan dan saat dia ngelintas dari depanku. Kebetulan juga aku kompak dengan adiknya yang masih duduk di kelas I tapi kompak dalam hal berantam tapi bukan berantam beneran.

Bersambung........

Lusa depan dah ujian Cawu II dan caranya beda dengan ujian sebelumnya, kelas I, II dan III bakalan digabung. “Vy, seperti ujian kemaren-kemaren kita duduk dekatan lagi yah!” ujar Desy “Itu udah pasti dong.”jawabku “Eh… udah bel tuh baris yok!” ajak Devy, tanpa nunggu jawaban akhirnya aku dan yang lainnya langsung menuju barisan. Dugaan teman-temanku benar kalau ujian kali ini bakalan digabung dan caranya benar-benar beda. “Apa yang sekelas bisa sebangku?” tanya Ester “Entahlah tapi kayaknya ‘gak bisa deh.”jawab Devy “Kalau gitu aku pengen sebangku ama Bang Imanuel aja,”gumamku sendiri “Vy, entar duduk ama siapa?” tanya Desy, “Aku belum tahu Des, lihat entar aja kalau kamu gimana?” jawabku “Sama aku juga belum tahu.” ujarnya.

Akhirnya ruang ujian dibagi dan seperti biasa aku berada di ruang I. “Duh gimana yah cara ngomongnya?” aku benar-benar bingung ‘gak tau mau berbuat apa. “Vy, dah dapat teman belum? tanya Devy, “Belum Dev, kamu gimana?” aku balik nanya ama dia “Tuh ama Kak Estheria.” jawabnya. Dia sih enak bisa duduk dengan The Best Of Girl Student di sekolah ini sedangkan aku masih bingung juga untuk ngomong ama orang yang pernah juga nyandang predikat sebagai The Best Of Boy Student ini. “Vy, ayo pulang! Kok dari tadi kamu diam terus?” tiba-tiba Desy buyarin lamunanku untuk menyapa Bang Iman, “Bentar dulu yah Des!” aku benar-benar nyuekin Desy “Ayo Vy kamu pasti bisa.” aku benar-benar bingung tapi... “Yah dia dah pulang.” tanpa sadar aku ngomel sendirian, “Vy, ini dah mau jam dua, ayo cepatan,” Desy benar-benar sewot dengan tingkahku “Ya udah, ayo jalan.” akhirnya keinginanku aku tunda sampai Senin. “Des, duduk dengan siapa hari Senin?” tanyaku “Entahlah,” jawabnya singkat “Sama aku juga belum tahu bakalan sebangku dengan siapa.” ujarku tanpa diminta. “Eh aku duluan yah atau kamu mau mampir dulu,” ujarku “Aku langsung pulang aja deh.” jawabnya “Oke, sampai ketemu hari Senin yah Des.” akhirnya aku dan dia harus berpisah.

Hari yang bakalan nguras otak tiba juga dan aku sengaja datang cepat ke sekolah, maklum belum nemuin teman sebangku. “Duh kok dia belum datang yah?” aku benar-benar berharap banget bisa sebangku dengan dia. Tapi ternyata aku harus menyimpan anganku untuk bisa sebangku dengannya coz dia ternyata di ruangan II, “Vy, kok kamu bengong ada apa sih sebenarnya?” Desy benar-benar ikutan bingung karma ulahku “Gak ada apa-apa kok.” Aku mencoba sembunyiin perasaanku saat ini. Akhirnya dengan langkah gontai ku masuki ruanganku dan duduk termenung, “Kakak dah punya teman sebangku belum?” tiba-tiba ada yang menyapaku dan gak taunya Destry adik kelasku “Belum emang kenapa?” lamunanku pun buyar seketika, “Aku boleh duduk disini gak Kak?” dia kembali nanya aku dan aku hanya mengangguk aja tanda setuju. Ujian kali ini benar-benar nguras otakku apalagi soal ujian matematika yang benar-benar membuat aku pusing banget dan seperti biasa aku pasrah dapet nilai pas-pasan dan pastinya aku dah bisa nebak angka 6 bakalan ngehias raportku lagi.

Ternyata selama ujian ada yang CinLok likes Fenny dengan Boy Indra dan Debora dengan Boy Chandra. ‘Gak tau kenapa aku iseng banget gangguin mereka apalagi Boy Chandra dan Debora. “Des, kita kerjain yah kamu yang tulis suratnya entar aku yang lipat kalau soal ngasihnya kamu aja deh karna aku gak berani,” usulku “Oke, kita kesana aja biar gak ada yang tau.” Desy ternyata sependapat denganku. Isi suratnya benar-benar gila banget sempat Debora tau aku dan Desy ngerjain dia. Dah selesai tugasku untuk ngelipat suratnya dah gitu aku dan Desy langsung nyari orang yang namanya Boy Chandra. Duh yang lebih gawat lagi surat itu dibaca ama anak cowok sekelasnya. “Des, gimana nih suratnya dibaca keras banget ama Frans” ujarku “Aku juga bingung Vy.” Desy ikut-ikutan bingung.

Anak-anak III1 mulai ngegodain Boy Chandra dengan Debora dan dari sini lah awal aku mulai dekat dengan Bang Imanuel. “Des, Debora kayaknya marah deh ama kita berdua,” ucapku “Iya Vy, tapi yah mau gimana lagi semuanya dah terjadi,” timpalnya. “Kita kesana aja yah, males nih disini.” ajakya. Ternyata hampir semua anak kelas III1 ada di luar kelas dan masih ngegodain Boy Chandra. “Des, gimana nih anak-anak III1 masih juga ngegodain Debora,” ujarku “Aku juga gak tau lagi harus gimana Vy,” kami berdua benar-benar bingung banget tapi apa boleh buat semua udah terjadi. “Kayaknya dah mau pulang deh Des, mending kita ke kelas aja dan siap-siap untuk pulang aku benar-benar lagi malas sekarang,” ucapku dan tanpa nunggu jawaban aku dan Desy langsung menuju kelas. Ketika kami melewati samping kelas III1 tiba-tiba Frans teriak “Hey kalian berdua, siapa yang mau ama The Best kami ini?” aku gak tau apa itu bercanda atau serius, aku ama Desy cuma senyum-senyum aja dan gak tau napa timbul lagi ide isengku untuk nitip salam ama Bang Imanuel. Sepanjang jalan menuju kelas aku mulai memikirkan niatku itu. “Des, hmmmmmm sampaikan salamku dong untuk Bang Imanuel,” pintaku “Apa??? Kamu serius Vy mau nitip salam ama dia atau kamu lagi bercanda?” Desy gak percaya ama yang barusan keluar dari mulutku tiba-tiba aku merasa bingung kenapa yah aku harus nitip salam ama dia, “Iya aku serius emang kenapa lagain kan cuma nitip salam doang. Eh… itu dia datang sampaikan yah aku mau ke kelas dulu,” tanpa memperdulikan sahabatku ini aku langsung masuk ke kelas. Aku mulai deg-degan menantikan Desy dah dia masuk ke kelas aku langsung tarik dia ke tempat yang agak sepi, “Gimana Des, dah kamu sampaikan salamku, terus dia bilang apa ama kamu?” tanyaku “Salammu diterima Vy dan tadi dia nanya kamu itu yang mana terus aku bilang temanku yang tadi lewat dan pake kacamata and dia bilang balik salam,” jawab Desy “Thank’s yah Des, aku senang banget,” aku benar-benar senang banget hari ini. “Kamu serius Vy ama yang tadi atau akh aku jadi bingung ama kamu dan kayaknya lagi senang banget deh,” Desy masih juga penasaran “Entar juga kamu bakalan tau sendiri kok Des,” jawabku singkat “Mending sekarang kita pulang karna yang lain juga udah pulang,” yah ampun aku jadi lupa tadi kan aku mau pulang bukan mau nitip salam.

Sampai di rumah aku jadi bingung sendiri, masalahnya apa benar aku tadi serius ngomong gitu dan mengharapkan salamku diterima. Entahlah aku juga jadi bingung sendiri yang pasti aku suka ama dia. Esoknya kelas III1 gempar banget karna aku ketahuan nitip salam ama Bang Iman dan mereka nyari-nyari aku. Kebetulan Jefry salah satu anak kelas III1 tetanggaku so akhirnya dengan mudah mereka tau yang mana aku. “Vy, Iman nitip salam tuh ama kamu!” seloroh salah satu dari anak cowok III1 yang sama sekali gak aku kenal “Iya, balik salam,” jawabku tanpa melihat lagi kalau Bang Iman ternyata ada disitu, “Vy, itu dia,” ujar Desy sambil nunjuk cowok yang aku maksud “Yah ampun Des gimana dong ini, aku pikir dia gak ada disitu,” aku mulai sadar kalau ternyata dia ada disitu. “Kamu sih, makanya sekali lagi hati-hati atau jangan-jangan emang kamu suka lagi ama dia?” jantungku terasa berhenti berdetak ketika Desy bilang jangan-jangan aku suka dia “Mungkin iya kali yah?” aku benar-benar bingung banget ama apa yang aku rasakan saat ini, apa benar aku suka dia padahal aku ama dia belum saling kenal, aku cuma kenal sekilas aja ama dia. “Vy, kamu serius suka ama dia?” tanyak Desy lagi aku benar-benar gak bisa jawab dan aku hanya mengangkat kedua bahuku saja. “Tapi Des, aku bingung banget napa yah akhir-akhir ini aku tuh deg-degan banget kalau dekat dengan dia, akh aku sendiri bingung banget Des. Udah akh ngapai juga ngebahas ini yang ada entar malah tambah pusing,”jawabku “Dasar kamu, yah udah itu terserah kamu aja aku juga pusing ama kamu,”jawab Desy

Hari ini aku piket barengan ama Desy dan ketika bel panjang berbunyi tanpa komando dan emang dah pengen pulang semua langsung memasukkan buku ke dalam tas walaupun guru belum menyuruh. Dah semua pulang dan yang tertinggal di kelas cuma aku dan yang lainnya, tiba-tiba ada yang memanggil aku “Vy, nih ada surat untuk kamu dari Immanuel,” ucapnya dan memberikan sepucuk surat untukku, pertama aku ragu menerimanya aku takut mereka lagi ngerjain aku karna yang nulis untuk dan dari beda orang dan isi surat, pantun, tanda tangan itu seperti dikerjain ama beberapa orang tapi aku responi juga dan yang pastinya aku juga ngerjain dong coz aku kan dah dikerjain ama mereka semua. Aku ngebalas kalau aku suka tapi aku masih butuh waktu untuk mengumpulkan keberanianku menjawabnya. Eh dah suratnya nyampe gak taunya cowok-cowok kelas mereka ketawa ngakak dan aku benar-benar malu banget. Dari kejadian itu setiap aku pulang sekolah dan kebetulan berpapasan dengan mereka pasti ada aja ulah usil mereka untuk ngerjain aku. Aku senang banget dan mungkin aku mulai jatuh hati padanya. Aku selalu berusaha mencuri-curi pandang padanya walau kadang ketahuan. Senyumnya manis banget dan pastinya dia baek banget. Tapi ada yang gak suka ama kejadian ini, Ashina cs nganggap aku suka Bang Iman karna dia juara dan pernah menyandang gelar The Best Of Boy Student. “Woy, jangan terlalu heboh!” dia sengaja lewat dari dekatku dan teriak gitu padahal kali itu anak-anak cowok kelas Bang Iman lagi ngerjain aku dan manggil-manggil aku, “Des, bilang yah ama mereka kalau aku itu gak ada hubungan apa-apa ama Bang Iman, lagian juga Bang Iman kan yang duluan ngirim surat ama aku bukannya aku duluan. Nih kasih tunjuk ama dia surat Bang Iman biar dia gak ngomel gak jelas ama aku,” pintaku ama Desy. Waktu Ashina dan Sovia ngebaca surat itu mereka akhirnya diam dan gak terlalu ikut campur lagi dan juga mengakibatkan perubahan dalam diriku karna aku malas banget ngelihat tingkah mereka yang gak suka ama aku, hanya Risma yang mengerti dan gak ikut-ikutan. Hari ini aku malas benget sampai-sampai belajar juga aku malas. Ketika bel tanda pulang berbunyi aku langsung membereskan bukuku dan langsung menuju pintu tapi sebelum kakiku sampai di depan pintu ada yang manggil dan gak taunya Franky yang juga teman sebangku Bang Iman, “Ada apa?” tanyaku ketus “Nih ada surat dari Iman,”katanya dan saat itu ada Risma, Devy Purba dan yang lainnya yang merupakan komplotan Ashina. “Palingan juga kamu bohong lagi kan dan mau ngerjain aku,”ucapku “Gak, ni serius kok dari Immanuel. Nih baca sendiri aja,” dia berusaha meyakinkanku dan akhirnya aku terima juga “Thank’s,” jawabku dah nerima surat itu aku langsung menuju bangkuku dan membuka surat itu dan aku pengen buktiin ma Ashina kalau bukan aku yang ngejar-ngejar Bang Iman “Cieh yang baru aja nerima surat cinta,” gurau Risma “Isinya apa Vy?” tanya Devy “Gak tau nih coz lom aku baca,” jawabku dan mulai membuka suratnya. Yah ampun ternyata dia suka ama aku dan pengen aku jadi pacarnya dan menuliskan sebait puisi untukku aku benar-benar senang banget dan dugaanku kalau mereka ngerjain aku itu benar, “Wah, kayaknya lagi senang nih Vy, dia nembak kamu yah?” ujar Risma “Nih, baca aja,” ujarku ama mereka Mereka kelihatan aneh ketika membaca surat itu, “Nih Vy, eh selamat yah karna kamu dah jadian ama Immanuel,”ujar mereka hampir berbarengan “Makasih,” jawabku sambil tersenyum pada mereka. Aku benar-benar senang banget dan aku ingin banget ngebales perbuatan Ashina padaku yang udah nganggap aku aneh-aneh padaku. Ingin sekali aku cepat-cepat bertemu dengan dia dan mengatakan bahwa aku juga suka dia. “Hei Non!!! Kayaknya lagi senang banget sampai gak tau kalau aku dari tadi diri disini,” yah ampun lagi-lagi temanku ini jadi korban cuekku karna Bang Iman, “Des, tau gak napa aku senang banget hari ini?” suatu pertanyaan yang mungkin akan membuat Desy tambah kesal terucap gitu aja dariku. “Yang pasti aku gak tau Elvy, kamu ini aneh banget sih. Emang ada apa sih?” tanyanya “Ini yang membuat aku senang,” ujarku dan menunjukkan surat Bang Iman, “Aku mau baca, sini!” tanpa minta persetujuan dariku dia main rampas aja dan langsung seriius membaca suratku. “Pantesan aku selalu dicuekin gak taunya semua perhatianmu udah untuk dia aja,” ucap Desy “Gak juga kok, aku gak pernah cuek ama kamu temanku,”ujarku “Dasar kamu ini ada-ada aja,” ucapnya sedikit sewot “Duh Des, kamu kok jadi sewot apa karna Pardomuan yah,” ucapku asal dan langsung menghindar darinya karna yang pasti sebuah cubitan akan mendarat di lenganku
yang bakalan berbekas samapi besok, “Enak aja rugi banget mikirin dia mending mikirin yang laen daripada dia,” ucapnya dan berusaha mengejarku yang udah lari. “Vy, please dong jangan lari lagi, cape tau!” teriaknya “Aku bakalan berhenti lari kalau kamu janji gak bakalan nyubit lenganku lagi hanya karna tadi aku nyebut nama itu tuh….” Akhirnya aku berhenti juga dan yang pastinya cubitan Desy mendarat juga di lenganku “Des, kamu tau kan artinya sakit,” rintihku “Gak tuh, makanya jangan iseng mentang-mentang lagi dideketin ama Bang Iman kamu jadi ngawur terus,” omelnya “Yah udah aku minta maaf, sebagai permintaan maafku gimana kalau sekarang kamu mampir ke rumahku!” pintaku, bukannya dijawab dia malah lari duluan ke rumahku dan langsung menuju kamarku “Nih anak ditanya bukannya dijawab malah duluan kabur,” “Biarin aja, gak banget kan kalau dicuekin makanya jangan sering nyuekin aku,” yah ampun nih anak malah makin sewot aja. Sampai di rumah aku langsung ke kamar karna emang Desy dah duluan ke kamar. “Vy, napa yah Asi berubah ama kamu?” tanya Desy, “Entahlah Des aku juga bingung, padahal dari SD aku berteman dengan dia bahkan dulu dia itu teman dekatku setelah SMP dan masuk kelas II dia berubah ama aku,” ujarku “Aneh banget yah dia,” lanjutnya lagi. “Vy, makan siang dulu!” yah ampun aku lupa kalau ini dah siang banget “Wah ada Desy ternyata ayo kalian makan siang dulu ini dah jam berapa kalian pasti lapar,” lanjut Mama “Iya Nantulang,” jawab Desy. Tanpa aba-aba aku dan Desy langsung menuju meja makan. “Des, aku bingung banget ma Ashina. Dulu waktu SD dia itu teman baikku tapis ekarang dia kok berubah yah ama aku. Parahnya lagi, aku yang ngenalin dia ama Sofia, eh malah aku yang dicuekin dan kayaknya mereka nganggap aku ini musuhnya apalagi waktu mereka tau ada sesuatu antara aku dan Bang Iman,” ujarku “Yah namanya juga manusia, tapi aneh juga yah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar